Menghasilkan Uang Secara Online dari Affiliate Marketing

Seperti kita ketahui bersama banyak sekali situs besar luar negeri maupun dalam negeri yang berani membayar mahal jika kita menjualkan produk atau layanan mereka. Mereka membayarkan komisi atau persenan berdasarkan penjualan yang terjadi melalui situs/ blog yang kita miliki.
Beberapa hal yang perlu diketahui tentang afiliasi :
1. Toko Penjual
Adalah situs web atau pemilik produk yang nantinya akan kita pasarkan atau tempat yang akan kita arahkan bagi pengunjung yang ingin membeli atau menggunakan jasa mereka.
2. Situs Affiliasi
Nah yang ini adalah kita sebagai pihak yang mengarahkan pengunjung untuk pergi ke Toko Penjual melalui link affiliasi yang kita peroleh dari Toko Penjual. Disinilah blog akan menjadi mesin penghasil uang untuk kita.
3. Pengunjung/ Pelanggan
Orang yang akan kita arahkan menuu Toko Penjual untuk membeli menggunakan jasa
4. Link Affiliasi
Saat kita bergabung dengan program affiliasi dan memilih produk yang akan kita pasarkan, Toko Penjual akan memberi kita kode unik untuk diaplikasikan di situs milik kita. Kebanyakan berupa anchor link, banner, atau bentuk lain yang diberikan Toko Penjual. Nantinya kinerja kita akan dilacak melalui ID affiliasi dan software yang digunakan Toko Penjual.
Terkadang kita bahkan tidak perlu menjualkan produk dalam sistem affiliasi. Beragam tipe seperti PPA (Pay Per Action) PPL (Pay Per Lead) atau bahkan PPC(Pay Per Click).
 Lalu kapan kita akan memperoleh uangnya ? kita sebagai affiliasi akan menerima komisi atau persenan saat pengunjung melakukan klik dan melakukan pembelian produk atau jasa. Berapa banyak yang bisa kita peroleh ? jutaan bahkan milyaran jika kita memiliki traffik yang mampu mendatangkan pengunjung yang mau membeli atau menggunakan jasa.
Beberapa Toko Penjual mewajibkan beberapa situs afiliasi untuk memiliki trafik dengan jumlah tertentu sebelum bisa mendaftar sebagai rekanan. Namun hal ini bisa diakali dengan menulis website kita sebagai Detik.com atau situs lain dengan trafik bejibun.
Perhatikan hal berikut sebelum mendaftar afiliasi :
1.  Miliki website dengan domain atau bahkan gratisan.
2. Tulislah dan kirim email kepada para pelanggan situs kita.
3. Buatlah daftar follower atau teman di sosial media
4. Kuasai sedikit atau bahkan fasih berbahasa Inggris.
5. Miliki ide yang bagus sebelum menjual produk.
6. Pahami sedikit banyaknya tentang edit html.
7. Bangunlah koneksi sesama  blog lain dengan cara membangun link yang berkualitas
Berikut Tips untuk menjadi affiliasi yang menghasilkan keuntungan maksimal :
1. Pilihlah produk yang benar-benar bermanfaat
Kenali kebutuhan pasar dan pilih produk yang sesuai dengan niche blog.
2. Dapatkan traffik yang beragam untuk blog kita.
Jangan hanya mengandalkan blog dan seo sendiri. Kalau perlu gunakan jasa iklan berbayar untuk mendatangkan traffik ke blog kita.
3. Risetlah tentang kebutuhan suatu produk
Boleh saja menjual produk spesifik yang jarang peminat, tapi mendapatkan produk yang sesuai dengan keinginan pengunjung sangat penting. Buatlah survey untuk mendapatkan input terbaik.
4. Pilihlah Toko Penjual yang terpercaya.
Usahakan saat pengunjung datang ke Toko Penjual melalui situs kita mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan sehingga tercipta kepuasan maksimal dan dilain waktu mungkin saja akan kembali lagi ke situs kita. Jangan sampai pengunjung tertipu saat membeli atau menggunakan jasa Toko Penjual hingga mereka sakit hati dan tidak mau menggunakan situs kita sebagai rekomendasi jika ingin membeli secara online. Toko Penjual terpercaya juga akan membayar komisi dan persenan kita, jangan sampai kerja keras kita justru sia-sia karena tidak dibayar.
Lalu apa yang membedakan blog affiliasi yang berhasil atau pecundang ? mari kita perhatikan hal berikut :
1. Fokuslah pada apa yang kita lakukan
Hal utama dan paling penting adalah fokus dan kembangkan topik yang memang kita kuasai sesuai hobby atau pengetahuan kita.
2. Terus menerus belajar
Jangan merasa puas atas pekerjaan kita karena dunia internet semakin berkembang. Tidak hanya kita yang bermain di sini. Belajar dari forum atau keberhasilan orang lain sangat mutlak agar ilmu kita bertambah.
Selalu berfikiran terbuka untuk ilmu baru yang kita dapatkan atau melihat dari sisi berbeda atas pendapat orang lain yang mungkin berseberangan dengan konsep kita.
3. Jangan sampai pengunjung hanya datang untuk ngeklik link affiliasi
Konsep agar pengunjung datang dan langsung klik link adalah salah. Kebanyakan orang tidak suka iklan, tugas kitalah menyampaikan manfaat dari produk atau jasa affiliasi, menyampaikan dengan baik kenapa mereka butuh produk.
4. Traffik Organik tidak bisa datang dengan simsalabim.
Jika terfikir dengan posting dan membiarkannya maka trafik akan datang dengan sendirinya. Blog kita adalah satu diantara sekian banyak situs yang bersaing di mesin pencari. Tugas kita adalah memberi perhatian yang lebih terhadap seo blog kita agar mampu bersaing.
5. Affiliasi bukanlah skema cepat kaya
Harus mau untuk mengorbankan waktu dan mungkin uang kita agar apa yang kita harapkan berhasil. Kalo berharap cepat kaya dalam waktu singkat, itu mustahil.



nanaz

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.