Hindari dan Perbaiki Kesalahan Ini Saat Membuat Blog

Menjadi profesional blogger  memang tidak mudah. Namun setidaknya ada beberapa hal yang bisa kita hindari saat membuat blog agar pengunjung tidak langsung pergi begitu saja saat membuka blog kita.
Berikut hal yang harus dihindari dan diperbaiki jika telah sempat dilakukan :
1. Musik main otomatis
Seringkali kita jumpai saat membuka blog, kita langsung disuguhkan dengan musik. Jika musiknya disukai mungkin saja pengunjung akan betah, namun jika tidak, jelas musik yang main secara otomatis akan sangat mengganggu dan juga memakan bandwith. Loading blog kita akan melambat dan membuat malas pengunjung untuk menantikan tulisan kita.
2. Menggunakan latar belakang gelap atau terlalu terang
Latar gelap sangat jarang disukai, apalagi yang terlalu terang. Pengunjung akan berusaha lebih keras untuk menggunakan matanya saat membaca blog kita. Ini akan sangat melelahkan.
3. Sidebar yang tidak rapi.
Sidebar yang rapi akan memudahkan pengunjung untuk mencari hal yang dibutuhkannya. Sidebar yang dipenuhi hal yang kurang perlu seperti jam, kalender, award, teks berjalan, sebaiknya dihindari dan lebih mementingkan bagaimana pengunjung dapat menemukan navigasi konten kita.
4. Mengambil konten dan foto situs orang lain begitu saja.
Kebanayakan blogger baru dengan begitu saja mengambil konten, musik, atau foto yang ada di situs orang lain, kemudian menambahi dengan foto yang diambil dari mesin pencari. Kita harus ingat bahwa ada yang namanya hak cipta. Usahakan untuk mendapatkan izin dari siempunya konten atau foto agar tulisan kita lebih legal.
5. Menggunakan kata klik di sini sebagai anchor teks untuk link.
Kata klik di sini atau hanya di sini sebagai anchor teks untuk link sangat tidak efektif. Gunakan kata atau kalimat untuk link yang bisa menggambarkan hal yang akan kita tautkan.
6. Memilih nama/ judul  blog yang tidak menarik.
Ngeblog dengan tujuan jangka panjang, maka sangat penting untuk memilih judul blog yang baik, menggambarkan ide blog kita atau bisnis yang akan kita jadikan blog. Perhatikan hal berikut sebelum menamai blog :
- Elastisitas dan fleksibilitas.
Jauh kedepan mungkin saja blog kita akan berkembang dan melampaui judul blog kita. Pilihlah judul elastis yang masih relevan untuk waktu yang lama.
- Menggambarkan isi blog
Dengan membaca judul blog, pengunjung akan mengerti dan tau hal apa yang mungkin dicarinya dari blog kita.
7. Header blog yang besar dan rame
Seharusnya pengunjung tidak perlu turun jauh untuk menemukan konten. Kadang header blog sangat besar dan berisi banyak tulisan sehingga kita harus turun jauh kebawah untuk menemukan konten.


nanaz

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.